Kartu Memori (Memory Card)

Saat saya menulis artikel ini, ada dua macam kartu memori yang umum digunakan oleh sebagian besar pabrikan kamera. Yaitu Compact Flash Card (CF Card) dan Secure Digital Card (SD Card). Awal tren kamera DSLR, semua menggunakan CF Card. Tapi belakangan, nampaknya SD Card mulai merambah dan tidak menutup kemungkinan akan mendominasi pasar kamera di waktu yang akan datang.
CF Card
CF Card bentuknya besar dan saat ini digunakan oleh sebagian besar kamera DSLR papan atas di setiap merk yang ada. Slot CF Card terdiri dari puluhan jarum (pin) yang akan masuk kedalam lubang-lubang di CF Card ketika kita memasangkannya di bodi kamera atau card reader. Sayangnya pin ini rentan rusak, khususnya jika sering melepas CF Card dari bodi kamera dan memasangnya ke card reader.
Tentu saja kita harus mencabutnya dari kamera pada saat mentransfer file, tetapi jika sudah terlalu sering, hati-hati jika salah satu pin di dalam kamera bengkok. Satu pin saja bengkok, siap-siap harus merogoh kocek untuk menservisnya.
Selain itu slot CF Card menggunakan tuas yang ditekan untuk mengeluarkan CF Card dari bodi kamera. Dalam beberapa kasus tuas ini sering bermasalah sehingga CF Card tidak bisa keluar dari bodi kamera. Untuk mengakalinya gunakan kabel data yang disediakan pada saat membeli kamera dari untuk mentransfer file dari kamera ke komputer, sehingga kegiatan melepas CF Card tidak perlu dilakukan.
SD Card
SD Card unggul dari bentuknya yang mungil dan sangat mudah diselipkan di sela-sela kantung didalam tas Anda. Memasangnya pun sangat mudah di bodi kamera. Anda cukup menekannya dengan jari hingga terdengar bunyi ‘klik’ dan secara otomatis SD Card sudah terkunci. Dari fisiknya pun aman karena tidak ada komponen yang mudah bengkok atau patah. Tapi hati-hati terjatuh dan hilang.
Dilihat dari sisi kemampuan, baik SD Card maupun CF Card sama-bagus. Kekurangan CF Card adalah karena pin dan tuas slot-nya yang rentan rusak. Sedangkan ukurannya besar buat saya tidak menjadi masalah.
Tambahan informasi, beberapa produsen kamera saat ini juga memproduksi kamera dengan dua slot memory card.