Cara Memegang Kamera

Cara memegang kamera
SLR yang benar
Kamera SLR baik digital maupun analog terdiri dari dua bagian utama yaitu bodi kamera dan lensa. Kedua tangan kita akan bertugas menyangga masing-masing di salah satu bagian ini, yaitu tangan kanan untuk bodi kamera dan tangan kiri menyangga lensa.
Bagian kanan bodi kamera SLR telah didesain sedemikian rupa sehinngga nyaman untuk digenggam menggunakan tangan kanan. Posisi ibu jari berada di bagian belakang bodi sebagai penyangga dan bertugas untuk mengubah setingan kamera melalui tombol-tombol yang berada di belakang bodi kamera.
Sedangkan telunjuk berada di posisi tombol shutter dan bertugas mengambil setiap momen yang berharga serta mengubah setingan dari tombol maupun dial yang ada di sekitar tombol shutter. Tiga jari lainnya bertugas menggenggam bodi kamera agar stabil.
Sementara itu, tangan kiri bertugas menyangga lensa dengan posisi ibu jari berada di sebelah kiri lensa dan keempat jari lainnya menyanga dari sisi yang lainnya. Dengan posisi seperti ini, kita dengan mudah dapat mengubah setingan zoom atau fokus manual sambil menyangga kamera. Ibu jari tangan kiri juga dengan mudah dapat mengubah switch yang ada di lensa (jika ada).
Dengan cara ini goyangan yang mungkin terjadi pada saat menekan tombol shutter akan berkurang. Tetapi jika cahaya sangat redup dan mengharuskan kita menggunakan speed yang lambat, cari sandaran untuk membantu agar dapat mempertahankan kamera sehingga tidak goyang.