Elemen Fotografi: Formasi Bidang

Jika Bentuk tampak dalam dua dimensi, maka Formasi Bidang tampak dalam tiga dimensi. Formasi bidang meyakinkan kita bahwa sebuah objek memiliki kedalaman. Dipadu dengan bentuk dua dimensi seperti bujur sangkar, persegi panjang, lingkaran menimbulkan dampak emosional yang berbeda pada sebuah foto.
Ketika jalan-jalan ke Jogja dan pergi ke Keraton, terdapat bangunan yang sudah hancur sebagian. Hancur karena usia dan juga gempa yang melanda kota Jogja pada pertengahan 2006. Tetapi  Sebagian dinding bangunan masih bertahan dan memiliki bagian-bagian yang berbentuk segi empat. Dinding bangunan itu sendiri juga merupakan sebuah bidang.
Cahaya matahari yang berasal dari kiri atas atau dari samping menambah kesan tiga dimensi akibat bayangan yang ditimbulkan  terutama di bagian 'jendela' berbentuk persegi panjang.
Beralih ke seorang pengrajin yang sedang membuat tempat tisue yang juga merupakan sebuah formasi bidang. Dapat di lihat tempat tisu yang paling depan sebagai objek utama dan di belakangnya terdapat seorang pengrajin beserta benda-benda lain hasil pekerjaanya.