Elemen Fotografi: Garis

Beberapa pakar fotografi dalam tulisannya menuliskan beberapa elemen dalam fotografi. Berbeda pakar, berbeda pula pendapat mengenai elemen yang dianggap penting, tergantung pendapat mereka masing-masing. Setelah saya membacanya, meskipun berbeda-beda, namun semuanya memiliki dasar yang kuat untuk mendukung hasil foto. Elemen-elemen tersebut sebaiknya kita pelajari agar kita semakin sensitif dalam melihat hal-hal yang berada di sekitar kita. Mari kita mulai dari elemen yang paling sederhana dan mudah, yaitu GARIS.
Garis bisa menjadi elemen yang sangat kuat dalam fotografi, bahkan paling kuat. Garis bisa berbentuk lurus, vertikal, horizontal, diagonal atau bahkan berbentuk kurva seperti huruf S. Selain itu terdapat juga garis yang disebut dengan 'leading line', yaitu garis yang membimbing mata kita ke arah tertentu sehingga pada saat melihat foto, mata kita akan mengarah kepada suatu titik.
Ada banyak hal yang dapat kita jadikan garis, seperti pada beberapa foto berikut. Foto pertama adalah seekor lalat di halaman rumah saya yang sedang bertengger pada sehelai akar tanaman. Ketika melihat foto tersebut, mata saya akan melihat dari sisi kiri atas menuju ke kanan bawah dengan lalat sebagai objek utamanya. Dengan demikian, garis pada foto ini adalah berbentuk diagonal dan garis tersebut juga merupakan 'leading line' yang mengarahkan mata kita dari satu titik ke akhir titik.
Perhatikan pula foto pelepah daun pakis berikut. Terdapat banyak 'leading line' yang mengarahkan mata kita menuju satu titik di sebelah kiri atas. Garis-garis tersebut terbentuk dari lipatan-lipatan daun yang semuanya memang tertuju ke pangkal daun. Di ujung garis tersebut kita bisa melihat sisi lain dari daun tersebut yaitu tempat yang menunjukkan bahwa kita sedang berada di hutan pakis.
Berbeda dengan dua garis sebelumnya, foto zebra berikut memiliki garis-garis vertikal yang merupakan corak kulit dari zebra itu sendiri. Pada foto tersebut, garis-garis tubuh zebra memperkuat pemaknaan warna garis hitam putih yang sangat lekat dengan warna tubuh zebra. Dalam beberapa kasus, garis vertikal akan menambahkan kesan tinggi, megah dan kuat.
Foto terakhir yaitu foto garis berbentuk kurfa S. Garis berbentuk kurva S akan membawa mata kita kepada posisi yang mengarah semakin jauh dari kita. Garis kurva S memberikan kesan elastis dan tidak membosankan ketimbang sekedar garis lurus.
Coba perhatikan hal-hal di sekitar, apakah ada 'garis-garis' yang Anda lihat  cukup unik dan menarik untuk diabadikan gambarnya? Perhatikan baik-baik. Tidak ada salahnya mencoba :)