Rule of Third

Ketika pertamakali memotret, seringkali seorang fotografer nyubi memotret sebuah objek dan meletakkannya di tengah-tengah frame. Tidak ada yang salah dengan itu, hanya saja seringkali objek yang berada di tengah frame terasa membosankan. Kecuali kita tau persis mengapa kita meletakkannya di tengah, seperti memotret pasfoto di artikel sebelumnya. Bukan berarti saya katakan foto itu komposisinya baik, tapi memang karena untuk keperluan pasfoto maka objeknya diletakkan di tengah.
Lalu jika bukan di tengah, dimana lagi? Ada panduan untuk setiap fotografer dalam menempatkan objek utamanya pada frame yang disebut dengan 'rule of third'. Rule of third membagi frame menjadi sembilan bidang kecil yang dibentuk oleh dua garis horizontal dan dua garis vertikal yang membagi setiap sisi dengan besaran yang sama. Seperti pada gambar matriks di sebelah kiri.
Rule of third menerangkan bahwa, daripada meletakkan objek di tengah lebih baik menempatkan objek di sepanjang garis dari salah satu garis vertikal/horizontal atau di salah satu persilangan antara keduanya (titik berwarna merah). Dengan menempatkan objek seperti demikian, komposisi jadi lebih menarik ketimbang sekedar menempatkan objek utama di tengah frame, seperti pada contoh foto sepatu pada artikel sebelumnya. Jika diaplikasikan pada matriks rule of third, hasilnya akan seperti gambar berikut.
Objek yang diletakkan tidak perlu persis pada garis atau titik persilangan, tapi cukup condong ke arah tersebut. Garis dan titik persilangan tersebut merupakan tempat yang paling ideal untuk menempatkan objek jika kita mengikuti panduan rule of third.
Tidak hanya untuk penempatan objek, penempatan garis horizon jika kita memotret landscape juga sebaiknya tidak di tengah, tetapi mengikuti panduan rule of third, seperti pada foto jeti (dermaga) di sebelah kanan. Selain mengikuti panduan rule of third, perlu dicatat bahwa setiap memotret garis horizon hendaknya tidak miring, tetapi harus lurus.
Jadi, lain kali ketika memotret usahakan jangan meletakkan objek di tengah frame kecuali memiliki alasan yang kuat untuk meletakkannya di situ.