Lensa Makro

Lensa makro
Jika tertarik dengan benda-benda kecil yang memiliki tekstur menarik, atau tertarik dengan serangga mungkin lensa yang satu ini bisa jadi pertimbangan untuk dibeli, yaitu lensa makro.
Lensa makro memiliki kemampuan magnifikasi yang tinggi. Magnifikasi dilambangkan dengan angka dalam beberapa format yang sedikit membingungkan tapi intinya sama. Misalnya sebuah lensa dengan kemampuan magnifikasi 1:1, ini berarti lensa tersebut mampu menghasilkan bayangan sebuah benda sesuai dengan ukuran aslinya di dalam sensor kamera. Seekor lalat akan muncul dalam ukuran aslinya di sensor kamera. Jika lalat memiliki panjang tubuh 1cm dan lebar 0.5cm, maka lalat tersebut akan muncul bayangannya di sensor dengan ukuran panjang 1cm dan lebar 0.5cm. Ini disebut dengan life size.
Foto serangga menggunakan
lensa makro
Karena kemampuan magnifikasi lensa tersebut 1:1 maka lensa tersebut mampu menampilkan ukuran asli lalat di sensor kamera. Jika kemampuan magnifikasi lensa adalah 1:2, maka lensa tersebut hanya mampu menampilkan ukuran 0.5 atau 1/2 dari ukuran aslinya. Jika kita mengambil contoh yang sama yaitu lalat tadi, dengan menggunakan lensa dengan kemampuan magnifikasi 1:2, maka bayangan lalat tersebut akan muncul di sensor dengan ukuran panjang 0.5cm dan lebar 0.25cm. 
Sebuah lensa dikatakan memiliki kemampuan makro jika memiliki kemampuan magnifikasi minimal 1:2. Dan lensa makro yang baik umumnya adalah lensa makro yang focal length-nya fix. Saat ini lensa makro dengan kemampuan magnifikasi terbesar dimiliki oleh merk Canon, yaitu lensa Canon MP-E65mm dengan kemampuan magnifikasi 5:1. Artinya, lensa tersebut mampu memperbesar 5x ukuran asli seekor semut. Wow!
Perbandingan bayangan lalat
di sensor kamera
- klik gambar untuk memperbesar
Di sebelah adalah ilustrasi perbandingan ukuran lalat yang akan tertangkap dalam sensor kamera antara magnifikasi 1:1, 1:2 dan 5:1. Pada magnifikasi 5:1 tidak seluruh tubuh lalat yang mampu ditangkap sensor, tetapi hanya bagian tertentu saja karena pembesarannya 5x dari normal. Tetapi detail bagian tersebut akan tertangkap dengan baik.
Ada keuntungan tersendiri jika membeli lensa makro, yaitu jika kita memotret benda-benda kecil kita bisa mendapatkan detail dari benda tersebut bahkan lebih dalam. Lensa tanpa kemampuan makro memiliki jarak fokus minimum 20-30cm. Sedangkan lensa makro memiliki jarak fokus minimum sampai dengan 10cm bahkan lebih dekat. Hal ini memberikan keleluasaan bagi fotografer dalam memotret misalnya makanan karena akan mendapatkan detail tekstur makanan tersebut.