Mengenal Lensa

Setelah mengetahui cukup tentang bodi kamera, mari kita lanjutkan untuk mengenal lensa. Lensa lebih memiliki peran penting untuk mendapatkan hasil foto yang baik dibandingkan dengan bodi kamera. Maka jika memiliki dana cukup banyak, saya lebih cenderung untuk memberikan porsi yang besar pada investasi lensa. Tetapi pertanyaannya, lensa yang seperti apa yang perlu dibeli?
Memilih sebuah lensa untuk dibeli sangat erat kaitannya dengan fotografi seperti apa yang kita inginkan. Jika masih menjadi fotografer nyubi, saya sudah bahas sebelumnya untuk membeli bodi kamera plus lensa kit. Dengan lensa kit, seorang fotografer nyubi bisa belajar sambil memahami bidang fotografi yang diinginkan pada akhirnya. Jika belum paham fotografi seperti apa yang diinginkan, membeli lensa bisa jadi hanya membuang-buang uang karena pada akhirnya lensa tersebut tidak banyak digunakan atau sama sekali tidak digunakan. Jadi pastikan sebelum membeli lensa, kita paham benar kenapa kita memilih lensa tersebut.
Berbagai macam lensa
Sebagai contoh, jika kita suka memotret pemandangan atau landscape, biasanya kita akan memilih untuk membeli lensa dengan sudut pandang yang lebar atau biasa disebut wide angle lens. Jika kita suka memotret model atau close up, lensa dengan seudut sempit atau medium tele lens akan menjadi pilihan. Jika kita suka memotret sport seperti pemain sepakbola atau balapan mobil kita akan memilih tele/super-tele lens yang dapat menjangkau objek dari posisi yang sangat jauh. Yang mana yang paling bagus? Tergantung kita mau memotret apa.
Artikel-artikel berikutnya akan membahas lensa lebih dalam lagi agar kita dapat mengetahui bersama seluk beluk mengenai lensa.

Sumber foto: http://www.letsgodigital.org/html/review/nikon/d2xs/slr.html