Penggolongan Lensa - Fix VS Zoom

Dilihat dari pergerakan fl-nya, lensa dibagi menjadi lensa fix dan lensa zoom. Lensa fix berarti fl yang dimiliki lensa tersebut adalah tetap dan tidak dapat berubah. contohnya adalah lensa 50mm, 100mm dan lainnya. Sedangkan lensa yang fl-nya dapat berubah disebut dengan lensa zoom, contohnya 17-40mm, 18-55mm dan lainnya.
Lensa fix
Masing-masing jenis lensa memiliki keunggulan dan kekurangan. Lensa fix yang memiliki focal length yang tetap membuatnya kurang fleksibel bagi fotografer untuk memotret objek yang bergerak. Fotografer harus menyesuaikan posisinya untuk mendapatkan komposisi yang baik, yaitu dengan cara maju mundur. Sehingga jenis lensa ini kurang nyaman untuk memotret event, pesta, jurnalistik dan lainnya. Meskipun demikian, lensa fix memiliki kualitas hasil gambar yang sangat baik.
Lensa Zoom
Berbeda dengan lensa fix, lensa zoom memberikan kenyamanan dalam memotret karena kemampuan zoom in dan zoom outnya yang fleksibel. Fotografer tidak perlu repot-repot maju dan mundur untuk menyesuaikan jaraknya dengan objek. Tetapi lensa zoom memiliki konstruksi bagian dalam yang lebih rumit karena terdapat lebih banyak lensa dan komponen bergeraknya. Sehingga secara umum kualitas hasil gambar lensa zoom sedikit berada di bawah lensa fix.